Latihan Soal USBN SMK 2019 dan Kunci Jawaban (Kurikulum 2013/ KTSP) - Ujian Sekolah Berstandar Nasional merupakan standar penilaian oleh satuan pendidikan dibawah koordinasi Dinas Provinsi, Pemerintah Pusat (KEMDIKBUD) sebagai pedoman untuk mengukur ketercapain kompetensi peserta didik selama berada di jenjang SMK, lalu kemudian dituangkan kedalam bentuk Nilai Sekolah yang dijadikan pedoman ketika mengisi ijazah atau sertifikat nantinya.
Latihan Soal USBN SMK 2019 dan Kunci Jawaban (Kurikulum 2013/ KTSP) |
Mata pelajaran yang termasuk USBN diantaranta Fisika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Kimia, Biologi, Sejarah, Pendidikan Agama, PJOK/ PENJAS, PPKN/PKN, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, KWU (Kewirausahaan), Bahasa Inggris dan dasar - dasar kejuruan. Peserta didik yang dinyatakan lulus dari satuan pendidikan apabila telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.
Persiapan dari siswa adalah dengan mempelajari soal latihan yang bisa diperoleh dari sekolah atau mencari di internet, salah satunya yang akan saya bagikan ini. Jika dilihat dari tahun - ketahun soal USBN SMK 2019 ini saya rasa tidaklah jauh berbeda karena masih mengacu pada indikator kisi-kisi materi-materi pelajaran mulai kelas rendah sampai dengan kelas tinggi, itu pun berdasarkan jumlah persentase misalnya 20 % kelas X, 30 % kelas XI dan 50 % kelas XII.
Berikut ini ada beberapa contoh soal USBN dan lebih lengkapnya download dibagian bawah.
Sejarah
1. Pada pelaksanan demokrasi terpimpin meskipun secara normatif kedaulatan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi kenyataannya kekuasaan sepenuhnya berada ditangan ....
- a) Perdana menteri
- b) Presiden
- c) Ketua MPR
- d) Perwakilan partai politik terbesar
- e) Wakil presiden
2. Dalam situasi yang berbeda dan kondisi tidak mampu, presiden kemudian menunjuk ........ untuk membantunya membentuk kabinet baru .
- a) Mohammad hatta
- b) Syahrir
- c) Djuanda
- d) Soekiman
- e) Wiolop
3. Salah satu program dari kabinet karya adalah membentuk dewan nasional yang tujuannya yaitu .....
- a) Menggabungkan seluruh kekuatan nasional yang prointegrasi
- b) Membangun perekonomian negara agar lebih merata
- c) Memilih orang-orang nonpartai untuk menjadi mentri
- d) Membentuk kabinet ahli atau zaken kabinet
- e) Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat daerah
4. Gerakan separatisme yang muncul pada antara 1950-1958 menjadi kuat karena .........
- a) Mendapat bantuan persenjataan dari luar negeri
- b) Pemerintah pusat lambat dalam bertindak menumpas gerakan
- c) Para politis lebih mementingkan kepetinagan golongan/partai
- d) Mendapat dukungan dari para pengusaha
- e) Negara tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan gerakan
Kimia
1. Polimer yang digunakan sebagai bahan pembuat peralatan rumah tangga adalah....
- a) Teflon
- b) Propena
- c) Asetilena
- d) PVC
- e) Isoprena
2. Polimer yang terbentuk dari monomer-monomer berbeda disebut ...
- a) Homopolimer
- b) Termoset
- c) Kopolimer
- d) Termoplastik
- e) Termostatik
3. Penyerapan permukaan pada sistem koloid disebut.....
- a) Gerak Brown
- b) Efek Tyndal
- c) Koagulasi
- d) Adsorbsi
- e) Elektroforesis
4. Pergerakan partikel koloid dalam medan listrik disebut ....
- a) Efek tyndall
- b) Gerak brown
- c) Koagulasi
- d) Dialisis
- e) Elektroforesis
Fisika
1. Sifat benda yang memungkinkan benda kembali pada bentuknya semula setelah gaya yang bekerja pada benda tersebut dihilangkan adalah…
- a) Emisivitas
- b) Strain
- c) Plastisitas
- d) Stress
- e) Elastisitas
2. Sebuah benda dengan massa 8 kg, jika perubahan kecepatannya 4 m/s. Besar Impulsnya adalah….. N.s
- a) 4
- b) 12
- c) 24
- d) 30
- e) 32
3. Diberikan sebuah cermin cekung dengan jarak titik fokus f dan jari-jari kelengkungan R, sebuah benda yang tingginya h cm diletakkan pada jarak S didepan cermin. jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin adalah... cm
- a) 6
- b) 12
- c) 24
- d) 36
- e) 48
4. Sebuah pipa mempunyai penampang yang berbeda seperti gambar. Jika luas penampang A1 = 20 cm2 dan luas penampang A2 = 5 cm2 , kecepatan aliran fluida pada penampang A1 adalah 2 m/s, maka kecepatan aliran pada penampang A2 adalah…….. m/s
- a) 5
- b) 8
- c) 9
- d) 10
- e) 11
5. Generator pembangkit listrik terdapat kumparan yang terdiri dari 2000 lilitan dengan luas penampang 0,02 m2 berotasi dengan frekwensi 50 Hz, jika kuat medan magnet yang mengenai kumparan adalah 0,05 Wb/m2 maka GGL induksi yang dihasilkan adalah…..
- a) 62,8 Volt
- b) 628 Volt
- c) 125,6 Volt
- d) 1256 Volt
- e) 2512 Volt
- Download Fisika + Kunci Jawaban
- Download Biologi + Kunci Jawaban
- Download Seni Budaya + Jawaban
- Download Kimia + Kunci Jawaban
- Download PJOK + Kunci Jawaban
- Download IPS + Kunci Jawaban
- Download Sejarah + Kunci Jawaban
- Download PPKN + Kunci Jawaban
- Download IPA + Kunci Jawaban
- Download B. Indonesia + Kunci Jawaban
- Download Bahasa Inggris + Kunci Jawaban
- Download KWU + Kunci Jawaban
Contoh Soal USBN IPS
1. Apabila harga barang meningkat maka kuantitas yang diminta menurun, sebaliknya apabila harga barang menurun maka kuantitas yang diminta akan meningkat disebut...
- a) Hukum penawaran
- b) Kurva permintaan
- c) Hukum permintaan
- d) Fungsi permintaan
- e) Kurva penawaran
- a) Harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan
- b) Harga barang dan jumlah pembeli
- c) Jumlah pembeli dan jumlah penjual
- d) Harga barang dan jumlah permintaan
- e) Jumlah permintaan dan jumlah penawaran
- a) Biaya produksi naik mengakibatkan gaji naik
- b) Meningkatkan pengeluaran konsumsi masyarakat
- c) Meningkatkan produktifitas barang dan jasa
- d) Meningkatkan infestasi untuk menciptakan lapangan kerja
- e) Meningkatkatkan kesediaan bahan baku / bahan mentah
- a) Permintaan elastic
- b) Permintaan elastic sempurna
- c) Permintaan enelastic
- d) Permintaan elastic tidak sempurna
- e) Permintaan elastic uniter
- a) Pasar monopoli
- b) Pasar monopolista
- c) Pasar persaingan sempurna
- d) Pasar persaingan tidak sempurna
- e) Pasar oligopoli
- a) Pasar persaingan sempurna
- b) Pasar harian dan tahunan
- c) Pasar monopolistik
- d) Pasar monopol
- e) Pasar oligopoli
- a) Status social
- b) Asigened status
- c) Ascriebed status
- d) Aspek status
- e) Aschibed status
- a) sejarah dan bangsa
- b) rasa cinta Tanah Air
- c) keinginan bersatu
- d) kemerdekaan dan kedaulatan bangsa
- e) lamanya menjadi negara jajahan
- a) gerak sosial vertical
- b) gerak sosial turun
- c) gerak sosial horizontal
- d) bukan suatu gerak sosial
- e) gerak sosial naik
- a) kelompok
- b) peran sosial
- c) institusi
- d) relativitas sosial
- e) status sosial
- a) Rasial
- b) Pendirian
- c) Kebudayaan
- d) Kepentingan
- e) Kelas sosial
- a) Akulturasi
- b) Asimilasi
- c) Sintesis
- d) Penetrasi
- e) Sosialisasi
Sumber https://www.pelitaguru.id/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.